This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Tour Edukatif TKA Qurrata Aini Hidayatullah Medan


Taman Kanak-Kanak (TKA) Qurrata Aini Pondok Pesantren Hidayatullah Medan, mengadakan kegiatan belajar outdoor, Senin 26 Mei 2015 lalu.

Kegiatan edukasi outdoor ini mempelajari atau menyaksikan langsung  alat-alat transportasi. Tujuan daripada kegiatan ini adalah rekreasi dan mengenal dari dekat alat transportasi yang bernama kereta api.

Dalam kegiatan anak anak dikenalkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kereta api. Misalnya anak anak dikenalkan langsung apa itu stasiun, fungsi stasiun, mengetahui perbedan antara sopir mobil, pilot pesawat, nahkoda kapal dan masinis kereta api.

Selain itu juga anak anak mengetahui apa itu rel kereta api, bagaimana kereta api berjalan di atas rel. Sungguh anak anak bisa mengetahui persis perbedaan cara berjalannya mobil dan kereta api.

Selain itu juga anak anak belajar melakukan praktek jual  beli tiket kereta api. Dengan cara begitu anak anak dilatih komunikasi dan bahasa lndonesia secara tidak langsung. Anak anak serta belajar mengenal uang rupiah.

Rute yang ditempuh adalah Dari Stasiun Medan menuju Stasiun Binjai yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

Tak lupa pula anak mempraktekkan doa naik kendaraan, doa melihat pemandangan yang indah, doa ketika kendaraan berjalan mendatar.

Sesampainya di stasiun Kota Binjai, anak anak berkumpul di halaman stasiun, membentangkan tikar untuk kegiatan belajar. Ppelajaran adalah mewarnai gambar kereta api.

Dalam perjalanan tour edukatif ini, anak ditemani oleh guru dan orangtua mereka.

Sesampainya di Stasiun Binjai anak anak diajak ke Taman Kota Binjai yang tidak jauh dari Stasiun tersebut.

Setelah itu mereka makan siang bersama, sholat dzhuhur berjamaah dan kemudian kembali ke stasiun dan naik kereta api lagi untuk pulang.

Dalam kegiatan ini anak anak nampak antusias dan sangat menikmati suasana tour yang rekreatif.

TKA Qurrata Aini Hidayatullah Medan terus berkomitmen menjadi lembaga pendidikan anak usia dini terdepan di Kota Medan.



Dengan menanamkan pengetahuan yang dibingkai dengan landasan tauhid serta pendampingan yang tulus dari para penyelenggara pendidikan, pendidikan Yayasan Hidayatullah Medan secara umum terus bertumbuh menjadi lembaga pendidikan dambaan masyarakat, Insya Allah. (cha/ybh)