This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

PENERIMAN SISWA BARU TINGKAT SD


PENERIMAN SISWA BARU
Dalam rangka seleksi penerimaan siswa baru Madrasah Ibtidaiyyah Luqman Al-Hakim Pondok Pesntren Hidayatullah Medan Tanjung Morawa, maka dilakukan Observasi Calon Siswa dan wawancra orangtua.
Tujuan observasi ini adalah:
1-      Untuk mengetahui tentang Kepridian anak atau calon siswa
2-      Untuk mengetahui tentang kemampuan Motoric kasar calon siswa  yang meliputi Keseimbangan badan, ketangkasan serta kekuatan fisik,
3-      Untuk mengetahui kemampun Motorik halus calon siswa yang meliputi  kemmpuan menulis dan mewarnai.
4-      Untuk mengetahu sejauh mana kemampuan komunikasi, interaksi dan sosialisasi calon siswa dengan keluarga ,masyarakat sekitar serta  lingkungannya.
5-      Untuk mengetahu sejauh mana kemampuan  dasar membca  calon siswa,  seperti , mengenal huruf latin maupun Arab dan  angka.
Observasi calon siswa ini dilakukan dengan  cara yang menyenangkan , melalui permainan dan simulasi, sehingga  tujuan observasi tetap bisa dicapai tanpa  harus membuat calon siswa merasa tegang ,terbebani  tetapi justru  merasa nyaman dan enjoy.
Wawancara  Orangtua :
Tidak hanya calon siswa saja yang di observasi, namun juga para orantua calon siswa. Dalam Obesrvasi orangtua calon siswa maka dilakukan wawancara dengan orangtua untuk mengetahu :
1-      Apa sebenarnya yang menjadi Motivsi orngtua sehingga mereka  memilih sekolah ini menjadi partner untuk membimbing anak-anak mereka dalam menempuh pendidikan dasar.
2-      Apa Harapan orangtua untuk anak-anak mereka setelah mereka menitipkan anak-anak mereka disekolah ini.
3-      Bagaimana sebenarnya Kondisi calon siswa dirumah : baik itu menyakngkut kesehatan sang anak, hubungan antara anak dengan keluarga serta kondisi lingkungan sekitarnya.
4-      Bagaimana Pola asuh yang biasa dilakukan oleh orangtua dalam keluarga terhdap anak-anak mereka selama ini.
5-      Bagaimana Kesiapan orangtua untuik ikut serta dalam membantu proses pendidikan nantinya
6-      Bagaimna Kesiapan orangtua ntuk mengikuti tata tertib yang berlaku bagi anak-anak mereka agar tercapai tujuan bersama dalam pendidikan
 Dengan adanya observasi dan wawancara calon orangtua , maka pihak sekolah  bisa mendapatkan  data serta gambaran awal secara baik dan benar tentang kondisi calon siswa dan orangtuanya , serta latar belakang keluarga dan situasi lingkuangan dimana calon siswa berada.  Dengan demikian maka pihak sekolah bisa menyusun  langkah-langkah  penanganan masalah siswa serta menyusun strategi  mupun pendekatan pembelajaran sehingga bisa memudahkan dalam proses pendidikan dan pengajaran.