This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Wakaf Tunai Mobile Ambulance Hidayatullah Medan

PROGRAM WAKAF TUNAI PERBAIKAN/REHABILITASI  MOBIL AMBULANCE 
LAYANAN MASYARAKAT WARGA PONDOK PESANTREN DAN MASYARAKAT SEKITAR SERTA MASYARAKAT BINAAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH TANJUNG MORAWA

Pendahuluan

Allah SWT telah berfirman :
                                                           
إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Kita semua memaklumi bahwa seiring dengan perkembangan zaman dan waktu, maka perkembangan jumlah warga dan santri Pondok Pesantren Hidayatullah serta perkembangan jumlah warga masyarakat disekitar pesantren serta warga binaan Pesantren Hidayatullah, semakin lama semakin besar dan semakin banyak sehingga desa dimana Pondok Pesantren Hidayatullah ini berada, serta desa-desa disekitarnya menjadi padat penduduk.

Dengan bertambahnya penghuni pondok pesantren serta bertambahnya penduduk disekitar pondok pesantren, maka bertambah pula kebutuhan serta permintaan para penghuni Pondok Pesantren ini serta kebutuhan masyarakat disekitar pondok atas sarana/ prasarana. Untuk kebutuhan sarana/ prasarana yang bersifat privat, maka permintaannya bisa diatasi oleh pribadi masing-masing.

Namun untuk kepentingan yang mencakup kebutuhan seluruh warga Pondok Pesantren Hidayatullah serta warga masyarakat desa disekitar pondok maupun masyarakat desa binaan pondok pesantren, menjadi bertambah dan semakin banyak. Salah satunya adalah kebutuhan adanya Mobil Ambulance.

Untuk mengatasi hal tersebut Pondok Pesantren Hidayatullah Tanjung Morawa yang sejak awal memang bergerak dibidang pendidikan dan sosial, telah lama mengadakan “ Ambulance Gratis” untuk layanan sosial bagi masyarakat Pondok maupun masyarakat disekitar Pondok Pesantren , serta masyarakat yang tinggal didesa-desa binaan Pesantren Hidayatullah.

Alhamdulillah program tersebut sudah berjalan selama 13 tahun , dan sudah sangat banyak masyarakat bisa menikmati layanan Ambulance Gratis milik Pondok Pesantren Hidayatullah ini.

Bahkan jangkauan layanan Ambulance Gratis yang di inisiasi oleh Pondok Pesantren Hidayatullah ini bisa menjangkau desa – desa yang sangat jauh dari Pesantren ini. bahkan sekali waktu bisa sampai lintas kecamatan dan lintas  kabupaten.

Namun kendalanya sekarang adalah bahwa Ambulance ini adalah produk teknologi yang secara alamiah pasti mengalami aus dan bahkan kerusakan. Baik dari segi body mobil maupun mesin serta peralatan atau kelengkapan lainnya. Bodi mobil ini telah mengalami pengeroposan disana sini. Cat bodi yang sudah tidak lagi utuh serta hampir habis. Bagian mesin sudah banyak spare part yang memerlukan peremajaan.

Di sisi lain Ambulance ini masih dipaksa jalan terus karena tuntunan kebutuhan masyarakat yang sangat besar kepada Ambulance ini. Karenanya kami sebagai pengelola dan Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah ini yang bertanggungjawab merawat dan memelihara keberadaan Ambulance ini merasa perlu mengadakan perbaikan dan renovasi terhadap Ambulance ini, mengingat keadaannya yang sudah sangat meprihatinkan dan sangat mengkhawatirkan. Namun karena biayanya sangat besar, maka kami mengajak semua pihak untuk membantu pendanaan bagi perbaikan dan servis Ambulance ini.

Maksud dan Tujuan

Perbaikan fisik mobil Ambulan milik Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Tanjung Morawa untuk memulihkan kondisi fisik dan mesin armada.

Ketersediaan layanan mobil ambulance yang representatife bagi warga Pondok Pesantren Hidayatullah dan Masyarakat sekitar serta masyarakat binaan Pondok Pesantren Hidayatullah.

Menyediakan layanan Ambulance Gratis bagi masyarakat pondok dan sekitarnya dengan semaksimal mungkin terutama untuk keperluan evakuasi warga yang sakit ataupun yang meninggal dunia.
Mewujudkan gerakan dakwah Islam melalui kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan ummat. Mengambil peran mengurangi beban masyarakat melalui program Ambulan Gratis

Anggaran Biaya Yang Dibutuhkan 

Dari hasil pemeriksaan kondisi fisik armada ambulance dimaksud , kami membuat prakiraan biaya perbaikan dan service ambulance tersebut dengan rincian sebagai berikut:

Uraian Anggaran
  • Body Repair Rp. 5.000.000,-    
  • Pengecatan / ducco dan poles Rp. 7.000.000,-    
  • Service mesin Rp. 2.000.000,-    
  • Servis Jok dan bangku Perawat Rp. 2.000.000,-    
  • Pengadaan sirine, lampu Ligting dll Rp. 2.000.000,-    
  • Penggantian ban servis kaki-kaki Rp. 3.000.000,-    
TOTAL ANGGARAN Rp. 21.000.000,
Terbilang: “Dua Puluh Satu Juta Rupiah”

Rekening Partisipasi

Untuk partisipasi bisa melalui nomor rekening Pesantren Hidayatullah sebagai berikut:

Bank Mandiri nomor: 105-00-1086931-5
Bank BNI nomor: 0260753467
Bank BRI nomor:5293-01-012714-53-6
Bank OCBNISP Syariah nomor: 43881001663-6
Bank SUMUT Syariah nomor: 610.03.01.003187-2

Penutup
Semoga dukungan yang Bapak/Ibu atau Perusahaan Bapak/Ibu berikan kiranya dapat meringankan beban kami dalam mewujudkan perbaikan mobil ambulance layanan masyarakat bagi warga Pondok Pesantren Hidayatullah dan Masyarakat umum.

Semoga partisipasi, kontribusi serta dukungan finansi dinilai oleh Allah sebagai pahala yang tiada henti.Insya Allah, akan menjadi amal shaleh yang tiada putus-putusnya. Amiin.

Tanjung Morawa, 17 September 2018
Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah

Khoirul Anam . S.Sos
Ketua

LAMPIRAN FOTO: